Home » » Contoh Paragraf Fakta

Contoh Paragraf Fakta

Contoh Paragraf Fakta akan memberikan pengetahuan kepada anda untuk mengerti apa itu paragraf fakta. Dan bisa membedakannya dengan paragraf opini yang kadang membingungkan. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang apa itu paragraf fakta. Apa ciri ciri paragraf fakta.
Setelah itu baru kita akan lihat beberapa contoh yang ada untuk membuat kamu jadi lebih paham.
Contoh Paragraf Fakta


Pengertian Paragraf Fakta.

Paragraf Fakta adalah suatu paragraf yang ide pokoknya merupakan suatu yang sungguh sungguh terjadi dan merupakan kebenaran yang dapat dibuktikan.

Ciri-Ciri Paragraf Fakta

  1. Menyampaikan data yang akurat
  2. Merupakan kebenaran yang diketahui secara umum
  3. Menyertakan bukti
  4. Mengungkapkan peristiwa yang memang benar benar terjadi.


Contoh Paragraf Fakta


Mengutip dari kompas.com


Contoh Paragraf Fakta 1:



Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional, 11 Direksi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengajar secara serentak di 11 sekolah menengah atas (SMA) di seluruh Indonesia. Kegiatan ini juga merupakan dukungan atas
Gerakan Direksi Mengajar yang dicanangkan oleh Kementerian BUMN. Para direksi tersebut mengajar di sekolah yang dulunya merupakan tempat para direksi pernah mengenyam pendidikan SMA atau sekolah yang telah ditentukan oleh BRI


ini adalah salah satu contoh paragraf yang memuat fakta.

Contoh Paragraf Fakta 2:

Tragedi lumpur Sidoarjo terjadi 29 Mei, tujuh tahun lalu. Lumpur dari dalam perut bumi menggenangi belasan desa di Kecamatan Porong, Sidoarjo. Ribuan keluarga mengungsi dan terpaksa meninggalkan komunitas sosial yang terbangun sejak puluhan tahun. 

Contoh Paragraf Fakta 3:

Yudi juga adalah tersangka dalam dugaan kasus korupsi di Bank Jabar Banten (BJB) yang ditangani Kejaksaan Agung. Saat ini, Yudi berada di tahanan Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan alat peraga dan sarana penunjang pendidikan di Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Pengadaan tersebut terjadi pada 2011.


Diatas saya sudah memberikan 3 contoh yang saya kutip dari kompas. Untuk memuhkan kamu mencari paragraf fakta bacalah berita hari ini. Biasanya banyak bertia yang mengandung paragraf fakta yang memuat informasi yang sebenarnya.Sekian penjelasan saya tentang Contoh Paragraf Fakta.

Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 18.17

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger