Home » » Contoh Paragraf Generalisasi

Contoh Paragraf Generalisasi

Contoh Paragraf GeneralisasiContoh Paragraf Generalisasi ini saya buat untuk membantu tugas dan
membantu anda para pembaca paham mengenai Paragraf Generalisasi. Contoh Paragraf Generalisasi adalah penelaran induktif dengan cara menarik kesimpulan dari data data yang ada. Unsur yang penting dalam penulisan jenis paragraf ini adalah jumlah data harus cukup untuk mewakili dan membenarkan kesimpulan anda di akhir paragraf.

Penalaran Induksi atau Induktif sebelumnya saya bahas dalam artikel contoh paragraf analogi , contoh paragraf generalisasi , contoh paragraf sebab akibat. Semoga artikel disana bisa mmebantu anda sedikit memahami Penalaran Induksi atau Induktif.



Contoh paragraf generalisasi merupakan salah satu contoh paragraf yang paragraf analogi

menggunakan penalaran induktif. Salah satu paragraf yang menggunakan penalaran induktif adalah paragraf sebab akibat dan
Penalaran Induktif adalah penalaran yang ide dan gagasan pokoknya mucul di akhir paragraf.


Contoh Paragraf Generalisasi

Langsung saja kita bahas contoh contoh dari paragraf generalisasi.

Contoh Paragraf Generalisasi 1

Pendidikan karakter untuk melawan koruptor dan kemerosotan moral bangsa terus dilaksanakan di semua sekolah di Indonesia. Namun perlu kita sadari bahwa para koruptor yang tertangkap sekarang justru berasal dari kaum pemuda yang merupakan calon pemimpin dimasa depan. Banyak juga tawuran dan penyimpangan yang dilakukan oleh para pemuda sekarang seperti pemerkosaan,pencurian dan masih banyak lagi. Bisa dibilang pendidikan karakter masih belum efektif mengubah karakter bangsa

Contoh Paragraf Generalisasi 2

Adi adalah anak yang malas ia selalu saja menyontek pada saat ulangan Matematika. Alasan ia mencontek ialah karena semalam belum belajar. Padahari ini ada ujian Matematika yang susah. Maka bisa diperkirakan bahwa Adi hari ini akan mencontek lagi.

Contoh Paragraf Generalisasi 3

Negara Indonesia terkenal dengan banyaknya koruptor yang mencuri uang rakyat. Hampir tiap bulan selalu ada kasus korupsi yang menyedot perhatian masyarakat. Selain ditingkat pejabat banyak sekali terjadi tindakan tidak jujur yang dilakukan rakyat Indonesia berupa tindakan kriminal. Maka dapat disimpulkan orang Indonesia tidaklah jujur.

Pertanyaan untuk contoh paragraf generalisasi 3 : Apakah contoh diatas memenuhi syarat paragraf generalisasi?? tidak karena data yang digunakan terlalu sedikit sehingga tidak bisa mewakili keseluruhan.


Saya kira penjelasan saya sudah cukup jelas. Tapi jika masih ada yang bingung dan ingin bertanya atau memberikan saran dan masukan silahkan berkomentar di artikel Contoh Paragraf Generalisasi

Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 14.17

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger